MAKALAH MICROSOFT EXCEL
MICROSOFT
EXCEL
MAKALAH
mata diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas kuliah Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Dosen : Rifahana Yoga J.,M.Pd
Disusun Oleh :
Kelompok 5
Asri Ramadanti
|
16210619331
|
Imam Somantri
|
16210619388
|
Pipit Pitriani
|
16210619434
|
Rudi Kurniawan
|
16210619459
|
Tria Sukma W
|
16210619495
|
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH
DASAR (PGSD)
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) SEBELAS APRIL SUMEDANG
2018
KATA
PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt., karena rahmat dan hidayah-Nya,
kami bisa menyelesaikan makalah ini sebagai salah satu tugas mata kuliah
Evaluasi Pendidikan yang berjudul “Microsoft
Excel”.
Kami menyadari bahwa
dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Hal ini di
karenakan keterbatasan pengetahuan, wawasan- wawasan, kemampuan, pengalaman dan
referensi yang kami miliki. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran
yang bermanfaat dan bersifat membangun dari berbagai pihak. Kami berharap
semoga makalah ini dapat berguna khususnya bagi penulis dan umumnya bagi
pembaca.
Kami menyadari makalah
ini tidak akan terwujud tanpa bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu kami
mengucapkan terima kasih khususnya kepada orang tua yang telah mendukung baik itu dalam segi materi, do’a dan
dorongannya, kepada yang terhormat bapak Rifahana Yoga J,.M.Pd. selaku dosen
pengajar, dan kepada teman- teman PGSD kelas D semester 5.
Semoga Allah SWT
melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya serta membalas amal baiknya yang
setimpal.Aamiin
Sumedang,
Oktober 2018
Penulis,
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................................................... ii
BAB I
PENDAHULUAN.................................................................................................... 1
1.1 Latar
Belakang Masalah.................................................................... ……………....1
1.2 Rumusan
Masalah...................................................................................................... 2
1.3 Tujuan
Penelitian....................................................................................................... 2
BAB II
PEMBAHASAN..................................................................................................... 3
2.1 Pengertia
Microsoft Excel .......................................................................................... 3
2.2 Fungsi
Microsoft Excel............................................................................................... 4
2.3 Sejarah
Microsoft Excel.............................................................................................. 5
1. Awal
Mula Excel................................................................................................... 5
2. Perkembangan
Excel Sistem Operasi Windows.................................................... 6
2.4 Fungsi
Menu dan Ikon pada Program Microsoft Excel.............................................. 7
1. Home
.................................................................................................................... 7
2. Insert..................................................................................................................... 11
3. Page
Layout.......................................................................................................... 13
4. Formula................................................................................................................. 15
5. Data....................................................................................................................... 17
6. Review.................................................................................................................. 19
7. View...................................................................................................................... 20
2.5 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel............................................................. 22
1. Kelebihan.............................................................................................................. 22
2. Kekurangan........................................................................................................... 23
BAB III SIMPULAN........................................................................................................... 25
DAPTAR PUSTAKA........................................................................................................... 26
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Dengan
pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini menyebabkan kebutuhan manusia semakin
bertambah. Saat ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan
bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah
untuk dipenuhi. Jadi secara langsung maupun tidak langsung manfaat dari
kemajuan atau berkembangnya teknologi saat ini adalah dapat membantu manusia
dalam menyelesaikan atau memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti program aplikasi
Microsoft Office, program ini dapat membatu mereka para pekerja kantoran,
mahasiswa, pelajar, guru dan sebagainya. Salah satu bagian dari Microsoft
Office adalah Microsoft Excel atau lember sebar, pada program aplikasi
pengolahan angka ini dapat memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta
mengolah data berupa angka yang ada dalam tabel.
Microsoft
Excel merupakan program spreadsheet canggih yang paling populer dan paling
banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal
menghitung, memproyeksikan, menganalisis dan mampu mempresentasikan data dalam
bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya. Mulai dari bentuk
bar, grafik, pic, linc dan lain-lain. Excel 2000 merupakan pengembangan dari
versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar
speardsheet ini lebih familiar, lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan
dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk
langsung berhubungan dengan internet. Walaupun dengan demikian, excel 2000 ini
akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft seingga kita benar-benar diberi
kenyamanan dan kemudahan oleh software Microsoft ini.
1.2
Rumusan
Masalah
1. Apa
Pengertian MS Excel
2. Apa
fungsi dari MS Excel
3. Bagaimana
Perkembangan MS Excel
4. Apa
fungsi menu dan ikon pada program MS Excel
5. Apa
kelebihan dan kekurangan MS Excel
1.3
Tujuan
1. Untuk
mengetahui pengertian MS Excel
2. Untuk
mengetahui fungsi MS Excel
3. Untuk
mengetahui perkembangan MS Excel
4. Untuk
mengetahui fungsi dari menu dan ikon pada program MS Excel
5. Untuk
mengetahui kelebihan dan kekurangan MS Excel
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
Microsoft Excel
Microsoft
Excel merupakan program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft
Coorporation yang dapat dijalankan pada Micrisoft
Office dan Mac OS. Aplikasi ini
memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang dengan menggunakan strategi
marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu
program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat
ini. Bahkan, saat ini program aplikasi ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh
banyak pihak, baik di platform PC berbasis windows maupun platform berbasis Mac OS.
Microsoft
Excel sering digunakan untuk pengolahan
angka, MicrosoftExcel dapat membantu
dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai yang rumit dalam bidang
administrasi khususnya. Microsoft Excel
adalah aplikasi angka yang dikeluarkan oleh Microsoft
Corporation. Microsoft excel
memang sering dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar
kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan dalam membuat laporan
pekerjaan dengan menggunakan MSExcel.
Formula atau rumus MS Excel adalah
keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah
data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam funsinya.
2.2
Fungsi
Microsoft Excel
1. Kalkulasi
Dengan program
ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik
penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus-rumus yang sangat kompleks.
2. Grafis
Dengan program
ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafis yang komunikatif
3. Komunikasi
Dengan program
ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain. Program ini sudah
dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana
orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) lain, bahkan
ia juga dapat melakukan perubahan pada lembar kerja kita yang sama pada saat
yang bersamaan pula.
4. Internet
Suatu saat nanti
mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik, pada orang lain
di tempat di seluruh dunia. Microsoft Excel dapat melakukannya dengan baik.
5. Otomatis
Dengan excel
kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan. Dengan
perumusan yang benar, maka excel akan langsung melakukan perubahan secara
otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi
Microsoft
Excel dapat membantu kita merancang aplikasi
siap pakai, yaitu dengan fasilitas mikro.
2.3
Sejarah
Perkembangan Excel
1. Awal
Mula Excel
Excel di tahun
1982 ini dikenal dengan nama Multiplan terntu saja yang membuatnya adalah
Microsoft dengan sistem operasi saat itu adalah CP/M system, walaupun sangat populer
Multiplan ini tidak kompatibel yaitu tidak bisa beroperasi di sistem MS-DOS saat itu. MS-DOS sendiri saat itu memakai Lotus 1-2-3 yang dikembangkan
oleh IBM salah satu competitor perangkat lunak saat itu. Oleh karena itu, Microsoft melakukan pengembangan agar
produk mereka (Multiplan) dapat dilajankan juga di produk mereka sendiri. Microsoft sendiri memberikan nama excel
pada program pengembangan mereka ini dan pada tahun 1985 tepatnya pada tanggal
30 september dengan kode excel 1.0, namun masih menggunakan sistem operasi
Macinthos barulah excel dengan kode excel
2.0 tersedia untuk sistem operasi windows.
2. Perkembangan
Excel Sistem Operasi Windows
Excel versi 2.0 tahun
1987 tidak tersedia versi 1.0 untuk sistem operasi windows jadi mulai versi 2.0
inilah excel sudah kompatibel dengan sistem operasi windows. Excel versi 3.0
tahun 1990, fiturnya adalah toolbar,
drawing capabilities, outlining, add-in support, 3D charts dan masih banyak
lagi. Pada versi 4.0 tahun 1992, fiturnya mulai dikenalkannya autofill pada excel. Excel 5.0 tahun
1993, fiturnya mulai dikenalkannya VBA kepanjangan dari Visual Basic for Application. Excel versi 7.0 tahun 1995 fitur
excel versi 7.0 ini lebih kepada peningkatan kecepatan dan kestabilan aplikasi
saat bekerja jadi tidak mudah error, serta kompatibel pada sistem operasi
32-bit. Excel versi 8.00 tahun 1997 (Microsoft Excel 1997) pada versi ini
terjadi upgrade yang besar pada excel
yaitu diperkenalkannya fitur papper clip
office assistant dan juga VBA digunakan sebagai internal excel basic. Dalam versi ini juga
memperkenalkan sebuah fitur dengan namaNatural
Language Label sekarang fitur ini sudah tidak ada lagi. Excel versi 9.00
tahun 2000 (Microsoft Excel 2000) versi ini hanya mengupgrade minor, untuk mengatasi banyaknya keluhan pada fitur paper clip office assistant versi
sebelumnya dengan memperkenalkan fitur clipboard
di mana ia dapat menampung beberapa objek sekaligus. Excel versi 10.00 tahun
2002 (Microsoft Excel 2002) hanya perbaikan minor dan tidak ada fitur yang
ditambahkan. Excel versi 11.00 tahun2003 (Microsoft Excel 2003) pada versi ini
banyak upgrade yang dilakukan
Microsoft serta fitur yang ditambah sangat banyak juga, yaitu sistem menu yang
baru smart art (diagram bisnis) bisa
diubah, perbaikan dari format grafik, dan juga perbaikan dalam menu pivot
tabel, file format juga berubah dimana untuk workbook tanpa macro kodenya dari
.xls menjadi .xlsx, untuk workbook tanpa macro kodenya dari .xls menjadi .xlsm
ini juga membuat ukuaran file excel lebih ramping, dan keterbatasan data baik
untuk kolom dan baris dari versi sebelumnya ditingkatkan signifikan dengan
jumlah kolom sekarang dan jumlah baris sekarang. Excel versi 14.0 tahun 2010, pada
versi ini telah mensupport untuk sistem operasi 64-bit dimana fiturnya lumayan
banyak. Excel versi 15.0 tahun 2013 (Microsoft Excel 2013), pada versi ini ada
beberapa tools baru pada excel. Dan versi yang terakhir adalah versi 16.0 tahun
2016 (Microsoft Excel 2016).
2.4
Fungsi
Menu dan Ikon pada Program Microsoft Excel
1. Home
Home merupakan
menu standar. Didalamnya terdapat sub menu grup yang letaknya di deretan menu,
yang terdiri dari:
a. Grup
Clipboard
Didalam grup ini
terdapat ikon-ikon yang digunakan untuk menangani segala hal yang berkaitan
dengan masalah temple – menempel objek dan teks. Ikon itu terdiri dari :
1) Paste
: Merupakan ikon grup Clipboard yang digunakan untuk menempelkan objek atau
teks yang telah di coppy atau di cut
2) Cut
: Digunakan untuk memindahkan data atau objek terpilih ke daerah lain dengan
bantuan perintah paste
3) Copy
: Digunakan untuk menyalin data atau objek ternetnu yang diakhiri dengan
perintah paste
4) Format
Pointer : Perintah berkarakter “kuas cat” ini digunakan untuk meniru suatu
pemformatan kemudian menerapkannya ke dalam data tepilih
b. Group
Font
Menu ikon di
group Font digunakan untuk pemformatan seputar huruf atau karakter data dan
sel.
1) Font
: Digunakan untuk mengubah jenis huruf dari data yang terseleksi
2) Font
Font Size : Digunakan untuk mengatur ukuran huruf atau karakter dari data
terpilih
3) Increase
Font : Untuk memperbesar ukuran huruf secara bertahap
4) Decrease
Font : Untuk memperkecil huruf secara bertahap
5) Bold
: Untuk menebalkan huruf atau karakter
6) Italic
: Untuk memiringkan huruf/data terpilih
7) Underline
: Untuk memberi garis bawah pada setiap data
8) Border
: Untuk mengatur garis tepi dari sel terpilih
9) Fill
Color : Untuk mengatur warna huruf
10) Font
Color : Digunakan untuk mewarnai huruf
c. Group
Alignment
Ikon pada group
ini digunakan untuk mengatur format paragraf data sel
1) Top
Align : Untuk menjadikan data sel menepi ke bagian atas
2) Middle
Align : Untuk menjadikan data sel menepi ke bagian tengah – atas
3) Bottom
Align : Untuk menjadikan teks menepi ke bawah sel
4) Orentations
: Untuk mengatur arah dan posisi data dalam sel
5) Align
Text Left : Untuk menjadikan teks rata kiri
6) Center
: Menjadikan teks rata kiri
7) Align
Text Right : Untuk menjadikan teks rata kanan
8) Decrease
Indent : Untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kiri
9) Increase
Indent : Untuk menarik batas kiri kesebelah kanan
10) Warp
Text : Untuk mengatur distribusi teks
11) Merge
& Center : Untuk menggabungkan beberapa sel dan meletakkan teks di dalamnya
di bagian tengah sel
d. Group
Number
Semua ikon
perintah yang terdapat di group ini digunakan untuk mengatur data nomor dalam
suatu sel.
1) Number
Format : Untuk mengatur format tertentu pada data dan jenis numerik yang
terdapat pada sel
2) Accounting
: Untuk mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang
3) Precent
Style : Untuk memformat suatu data numeric dengan gaya persentase
4) Comma
Style : Untuk menampilkan angka decimal sebagai angka bulat
5) Increace
Desimal : Untuk menambah jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka desimal
6) Decrease
Desimal : Untuk mengurangi jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka
desimal
e. Group
Styles
Perintah-perintah
di group ini digunakan untuk pemformatan sel
1) Conditional
Formating : Untuk memformat sel sebagai diagram dari data yang terdapat di
dalam sel tersebut
2) Format
As Teble : Dengan menu ini user dapat memformat sel sebagai tabel dengan segala
tema dan warna
3) Call
Styles : Untuk memformat suatu sel sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya
f. Group
Cells
Menu perintah pada
group ini digunakan untuk melakukan property seputar sel yang terdapat di
lembar kerja excel
1) Insert
: Untuk menyisipkan kolom atau baris di tengah-tengah sel
2) Delete
: Untuk menghapus bairs sel maupun kolom aktif
3) Format
: Untuk melakukan properti seputar sel dan kolom yang sedang terpilih
g. Group
Editing
Group ini
berfungsi untuk menjumlahkan data sel yang di pilih secara otomatis mencari dan
mengganti data teks atau angka
1) AutoSum
: Untuk menjumlahkan data dalam satu range sel yang telah ditentukan
2) Fill
: Untuk membuat deret data dalam suatu range
3) Clear
: Untuk menghapus suatu data dalam sel atau range
4) Sort
and Filter : Untuk mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar
5) Find
and Select : Untuk mencari dan mengganti data secara otomatis
2. Insert
Menu insert
digunakan untuk menyimpan objek atau fitur tertentu kedalam lembar kerja
a. Group
Tables
1) Table:
Digunakan untuk menyisipkan tabulasi dari data terpilih sehingga data tersebut
menjadi lebih mudah untuk di sortir atau di saring dengan menggunakan kriteria
tertentu
2) Privot
Table : untuk menyisipkan lembar kerja baru yang berisi ringkasan
dari kolom dan baris dari lembar kerja yang aktif
b. Group
Illistrations
1) Picture
: untuk menyisipkan objek ke dalam lembar kerja aktif
2) Clip
Art : untuk menyisipkan gambar sederhana yang lebih mirip dengan gambar vector
yang digunakan sebagai ilustrasi ke dalam suatu lembar kerja
3) Shapes
: menyisipkan objek geometri, seperti segi tiga, segi empat, dan lain-lain
4) Smart
Art : digunakan untuk menyisipkan objek dengan sistem yang lebih mengarah pada
sistem hierarkis
5) Screen
Shoot : untuk menyisipkan gambar dengan terlebih dahulu menangkap area tertentu
c. Group
Chart
1) Coloumn
: untuk memasukkan grafik kolom
2) Line
: untuk memasukkan grafik garis
3) Pie
: untuk memasukkan grafik lingkaran
4) Bar
: untuk memasukkan grafik batang
5) Area
: untuk memasukkan grafik area
6) Scatter:
untuk memasukkan grafik distribusi
7) Other
Chat : untuk memasukkan grafik lainnya
d. Group
Sparklines
1) Insert
Line Sparkline : untuk menyisipkan grafik garis pada satu sel
2) Insert
Colomn Spraklines : untuk menyisipkan kolom pada satu sel
3) Insert
WIN/ LOS Sparkline : untuk menyisipkan daftar kerugian/keuntungan pada satu sel
e. Group
Filter
Slicer : untuk
memudahkan dalam penyaringan data dalam pivot tabel
f. Group
Links
Hiperlink :
mengarahkan ke alamat tujuan
g. Group
Text
1) Text
Box : untuk memasukkan / menambahkan kotak teks
2) Header
& Footer : untuk memasukkan kepala dan kaki halaman
3) Wordart
: untuk menambah/menysipkan tulisan indah pada dokumen
4) Signatur
Line : untuk memberi tanda tangan pada dokumen
5) Object
: untuk memasukkan/menambahkan file lain
h. Group
Symbols
1) Equation
: untuk menyisipkan rumus matematika
2) Symbol
: untuk menyisipkan simbol-simbol pada dokumen
3. Page
Layout
Suatu tab yang
digunakan untuk pengaturan tata letak halaman dokumen excel
a. Group
Themes
1) Themes
: untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
2) Colors : untuk mengatur warna tema halaman
3) Font
: untuk merubah font tampilan
4) Effects
: untuk merubah effects tampilan
b. Group
Page Stup
1) Margin
: untuk memberi lebar batas kertas
2) Otientation
: untuk mengubah posisi kertas
3) Size
: untuk merubah ukuran kertas
4) Print
Area : untuk menentukan luas area yang akan di print
5) Breaks
: untuk untuk memutuskan halaman
6) Background
: untuk memberi background pada lembar kerja
7) Print
Titels : untuk menentukan baris yang di print berulang-ulang
c. Group
Scale To fit
1) Width
: untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil printout
2) Height
:untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil printout
3) Scale
: untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil printout
d. Group
Sheet Option
Grinline : untuk
menentukan apakah kolom pada lembar kerja akan ditampilkan atau tidak
e. Group
Arrange
1) Bring
Forwad : untuk meletakan objek pada posisi paling depan
2) Send
Backward : untuk meletakan objek pada posisi paling belakang
3) Select
Pane : untuk menampilkan kotak dialog selection pane
4) Align
: untuk menata align antar objek
5) Rotate
: untuk memutar objek
4. Formulas
Menu ini
didalamnya terdapat fasilitas-fasilitas yang mendukung penggunaan formula
a. Group
Functional Library
Berfingsi untuk
membuat keuangan, matematika, logism teks, waktu dan kelompok fungsi lainnya.
1) Insert
Functional : untuk memasukkan formula
2) AutoSum
: untuk mengolah data yang berkaitan dengan angka secara otomatis
3) Tecently
Used : untuk membuka kembali formula yang baru digunakan
4) Financial
: berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan keuangan
5) Logical
: berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan logika
6) Text
: berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan text
7) Date
& Time : berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan tanggal dan waktu
8) Lookup
& Reference : berisi kumpulan rumus yang berkaitan dengan data dan
referensi
9) Math
& Trigh : berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan ilmu pasti dan
trigonometri
10) More
Function : berisi kumpulan formula lainnya
b. Group
Defined Names
Untuk
mendefinisikan nama sel maupun range, atau membuat sistem penamaan pada sel
atau range yang diinginkan
1) Name
Manager : untuk mengatur/mengubah/i sebuah range
2) Define
Name : untuk memperbaiki nama sebuah sel
3) Use
In Formula : berisi untuk mengetahui nama sebuah sel atau range yang digunakan
dalam formula
4) Create
form Selection : untuk membuat nama sebuah sel atau range
c. Group
Formula Auditing
1) Trace
Precedence: untuk menampilkan yang berhubungan dengan sel-sel yang tekait
dengan sebuah sel yang berisi formula
2) Trace
Dependents : berfungsi untuk menampilkan anak panah yang berhubungan dengan sel
yang terkait
3) Remove
Arrows : untuk menghilangkan efek anak panah
4) Error
Checking: untuk mengecek formula yang eror
5) Evaluate
Formula : untuk mengevaluasi formula
6) Watch
Windows : untuk menampilkan jendela yang digunakan untuk memonitor beberpa sel
sekaligus
d. Group
Calculator
1) Calculation
Options : untuk memili formula yang akan dikalkulasi
2) Calculate
Now : berfungsi untuk menghitung data pada workbook
3) Calculate
Sheet : untuk menghitung serangkaian data pada sheet yang sedang dikerjakan
5. Data
Merupakan
mengurutkan data pada tabel yang tersusun acak berdasarkan kriteria yang
diinginkan dengan cara yang cepat
a. Group
Get External Data
1) Form
Acces : mengimport data dari MS Acces
2) From
Web : mengimport data dari website
3) From
Text : mengimport data dari file teks
4) From
Other Sources : mengimport data dari sumber lain
5) Exsiting
Conections: menyambungkan data dariluar MS Excel yang sedang digunakan
b. Group
Connection
1) Refresh
All : menyegarkan data yang terhubung dengan lembar kerja
2) Connections
: menampilkan kotak dialog yang sedang terhubung dengan lembar kerja
3) Properties
: mengatur jenis data yang sedang terhubung
4) Edit
Links : menampilkan semua data yang terhubung dengan workbook
c. Group
Sort & Filter
1) Sort
: menampilkan kotak dialog sort, mengurutkan data sesuai keinginan
2) Filter
: mengaktifkan filter data berdasarkan pengaturan yang telah di buat pada menu
sort atau sesuai kriteria
3) Clear
: mengaktifkan / menonaktifkan filter dan sort pada data
4) Reapply
: mengaplikasikan kembali filter atau sort pada kolom sel atau range
5) Advanced
: mengatur sort atau filter lebih detail
d. Group
Data Tools
1) Text
To Columns : mengubah teks menjadi per kolom
2) Remove
Duplicataes : menghapus data dalam baris yang ganda
3) Data
Validation : mencegah data yang tidak valid yang dimasukan dalama data sel
4) Consolidate
: menggabungkan lebih dari 1 data kedalam 1 cell
5) What
If-Analysis : menganalisis atau mencoba
e. Group
Outline
1) Group
: menggabungkan beberapagaris menjadi satu grup
2) Ungroup
: membatalkan beberapa garis yang tidak diinginkan menjadi satu group
3) Subtotal
: melakukan penghitungan terhadap kategori item yang termasuk dalam group
6. Review
Salah satu
penyedia informasi. Yang didalamnya terdapa beberapa sub menu group, yang
letaknya berbeda di bawah deretan menu.
a. Group
Proofing
Untuk mengontrol
spelling dan ejaan dalam data, mencari data dari berbagai sumber data, mencari
arti kata dalam kamus
1) Spelling
& Grammar : untuk mengecek ketetapan ejaan teks
2) Research
: untuk menampilkan kotak dialog kamus/reverensi
3) Theasaurus
: untuk menampilkan pilihan teks pada saat ada kata yang terpilih
b. Group
Language : untuk menerjemahkan suatu teks ke bahasa-bahasa yang ada di dalam
teks terpilih tersebut
Translate :
berfungsi untuk menerjemahkan teks terpilih ke dalam satu bahasa berbeda
c. Group
Comments
1) New
Comments : untuk membuat dan mengolah komentar
2) Delete
: untuk menghapus komen
3) Previous
: untuk melihat komentar sebelumnya
4) Next
: untuk melihat komen selanjutnya
5) Show
/ Hide Comment : tayangkan atau menyembunyikan komentar
6) Show
All Comment : menampilkan semua komentar
7) Show
INK : untuk menampilkan keterangan tinta pada lembar kerja
d. Group
Changes
Untuk memroteksi
atau melindungi data yang telah dibuat, baik dalam sheet maupun dalam workbook
1) Protect
Sheet : untuk mengunci sheet
2) Protect
Workbook : untuk mengunci lembar kerja
3) Share
Workbook : untuk berbagi lembar kerja
4) Protect
and Share Workbook : untuk mengunci dan berbagi lembar kerja
5) Allow
Users To Edit Ranges : untuk menelusuri perubahan yang dilakukan terhadap file
workbook yang dipakai bersama
7. View
Merupakan menu
yang memiliki fungsi penataan tampilan pada lembar kerja. Menu ini tidak
berpengaruh pada data yang ada.
a. Group
Workbook Views
Berfungsi untuk
mengatur tampilan menu.
1) Normal
: berfungsi menampilkan lembar kerja dalam bentuk normal
2) Page
Layout : menampilkan lembar kerja dalam lembaran kertas
3) Page
Break Preview : berfungsi untuk menampilkan lembar kerja yang hanya berisi data
saja
4) Costum
Views : berfungsi untuk menampilkan lembar kerja sesuai keperluan kita
5) Full
Screen : berfungsi untuk menampilkan lembar kerja dalam bentuk maksimal
b. Group
Shows
Untuk
menampilkan garis dan judul halaman pada lembar kerja
1) Ruler
: untuk menampilkan dan menyembunyikan penggaris
2) Formula
Bar : untuk menampilkan dan menyembunyikan formula bar
3) Gridlines
: untuk menampilkan / menyembunyikan garis bantu
4) Headings
: menampilkan / menyembunyikan kepala kolom dan baris
c. Group
Zoom
Berfungsi untuk
memperbesar/memperkecil lembar kerja.
1) Zoom
: untuk memperbesar tampilan
2) Zoom
100% : untuk mengembalikan pada ukuran 100%
3) Zoom
To Selection : untuk melakukan zoom pada sel yang terpilih
d. Group
Window
Berfungsi untuk
menjalankan perintah-perintah yang digunakan untuk menggunakan jendela yang
aktif
1) New
Window : berfungsi menampilkan lembar kerja pada jendela lainnya
2) Arrange
All : berfungsi untuk menampilkan semua lembar kerja pada satu jendela
3) Freeze
Panes : untuk membtasi cell yang diijinkan untuk bergulung
4) Split
: berfungsi memecah tampilan jendela lembar kerja menjadi beberapa bagian yang
dapat diatur besarnya
5) Hide
: berfungsi menyembunyikan jendela lembar kerja
6) Unhide
: berfungsi menampilkan kembali jendela lembar kerja
7) View
Side by Side : berfungsi menampilkan dua
lembar kerja secara berdampingan
8) Synchronous
Scrolling : berfungsi menyelaraskan penggulungan dua dokumen sehingga tergulung
bersama-sama
9) Reset
Window Position : berfungsi mereset posisi jendela dokumen yang tamoil secara
side by side, sehingga keduanya tampil dengan tampilan yang sama pada layar
10) Save
Workspace : berfungsi menyimpan semua susunan jendela saat ini sebagai sebuah
workspace untuk ditampilkan kembali
e. Group
Marcos
Berfungsi untuk
merekam atau mengatur video.
2.5
Kelebihan
dan Kekurangan MS Excel
1. Kelebihan
a. Mempunyai
kemampuan menampung data yang cukup besar dengan satu juta baris dan 16.000
kolom dalam satu sheet. Jadi dalam satu sheet bisa menampung jawaban satu juta
responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan
b. Microsoft
excel mempunyai format yang paling populer dan fleksibel, jadi sebagian besar
software data entry ada fasilitas kenversi ke format excel atau format lain
yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari
excel ke software statistic lainnya.
c. Miscrosoft
excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga
mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.
d. Dengan
privot tebles, kita bisa lebih efektif katena semua tabel summary yang kita
rencanakan bisa kita but dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada
data masuk, otomatis privot tabel akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate
sendiri.
2. Kekurangan
a. Software
pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis
b. Aplikasi
ini memerlukan banyak memori (RAM) dan Proccessor yang besar (CPU)
c. Untuk
membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom / jawaban
pertanyaan, atau membuat filter responden kita harus membuat rumus excel baik
rumus matematika, logika maupun teks. Banyak orang yang tidak suka dengan hal
ini, karena di SPSS misalnya kita dengan mudah untuk melakukan filter atau
pengkategorian jawaban baru.
BAB III
SIMPULAN
Microsoft Excel
sering digunakan untuk pengolahan angka, Microsoft Excel dapat membantu dalam
menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai yang rumit dalam bidang
administrasi khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi angka yang dikeluarkan
oleh Microsoft Corporation. Microsoft excel memang sering dikenal dengan
penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus
yang efektif akan memudahkan dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan
MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk
aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan
matematis yang sangat beragam funsinya.
DAFTAR PUSTAKA
Lubis, F aziz.
2014. Pengertian Microsoft Excel Lengkap
Beserta Ulasan. [Online]. Tersedia: http://pangeranarti.blogspot.com/2014/11/penertian-microsoft-excel-lwngkap.html?m=1[24
Oktober 2018]
Reginawati.2016.
Fungsi Menu dan Ikon Pada Microsoft Excel
2010. [Online]. Tersedia :https://reginawati9f.wordpress.com/2016/12/01/fungsi-menu-dan-ikon-pada-microsoft-excel/[24
Okteber 2018]
Maulana, S. 2016.Sejarah Lengkap Perkembangn Microsoft Excel.
[Online]. Tersedia :https://googleschool.blogspot.com/2016/02/sejarah-microsoft-excel.html?m=1[24
Oktober 2018]
Komentar
Posting Komentar