BAHAN AJAR PEMBELAJARAN UNTUK KELAS 1 SD


BAHAN AJAR MATEMATIKA PADA KELAS 1 SD
KI
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainyadi rumah dan di sekolah
KD
Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek


Pengenalan Awal Bilangan Cacah di Kelas Rendah Sekolah Dasar

                                                
Pengenalan Awal Bilangan Cacah di Kelas Rendah Sekolah Dasar - Topik bilangan merupakan Topik Bilangan merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkan dalam pelajaran matematika SD di kelas awal. Bilangan cacah adalah bilangan yang bersesuaian dengan banyaknya obyek dalam sebuah himpunan. Dengan kalimat lain, bilangan cacah merupakan bilangan yang menyatakan banyaknya anggota (kardinal) dari sebuah himpunan sehingga, bilangan cacah merupakan bilangan kardinal. Jika sebuah himpunan tidak memiliki anggota, maka banyaknya anggota pada himpunan tersebut adalah nol (0). Jika himpunan memiliki anggota, maka anggota dari himpunan adalah sebanyak 1, 2, 3, ... dan seterusnya. 

Bilangan merupakan salah satu konsep matematika yang abstrak. Usaha guru untuk mengenalkan bilangan cacah di kelas awal sekolah dasar perlu dilakukan dengan hati-hati serta mempertimbangkan berbagai aspek. 

Pembelajaran matematika SD kelas awal (kelas I, II, III) dimulai dari mengenal bilangan dan lambangnya dengan urutan: mengenal bilangan 1 s.d 5, mengenal bilangan 0(nol), mengenal bilangan 6 s.d 10, mengenal bilangan belasan 11 s.d 19, mengenal bilangan 20 s.d 99, dan mengenal bilangan 100 s.d 500. Pengenalan bilangan cacah 0 s.d 10 efektif jika digunakan obyek-obyek sehari-hari seperti misalnya gambar buah-buahan, gambar hewan, gambar alat-alat transportasi, dan lain-lain disesuaikan dengan taraf perkembangan berpikir peserta didik. 

Contoh peragaan dengan menggunakan gambar himpunan obyek. Obyek-obyek yang digambarkan haruslah yang menarik dan yang penting adalah dikenal dekat oleh anak yang akan belajar. Peragaan bilangan cacah pada kelas awal sekolah dasar dapat dilakukan sebagai berikut:

Peragaan Secara Urut 


Peragaan Secara Acak 


Pembelajaran makna bilangan sebagai banyaknya obyek tertentu dalam sebuah kumpulan beserta lambangnya (dalam bentuk angka) dimulai dalam beberapa tahap. 

Tahap I : Mengenal dan menulis bilangan 1 s.d 5 sebagai banyaknya obyek dalam sebuah kumpulan 
Tahap II : Mengenal Bilangan 0 sebagai kumpulan obyek yang tak memiliki anggota 
Tahap III        : Mengenal bilangan 11 sampai dengan 20 berdasarkan banyaknya   satuan isi/obyek dari sebuah kumpulan. 

Tahap IV        : Mengenal bilangan cacah hingga 500. 

Contoh penunjukan gambar angka-angka, pada mulanya secara urut dari bilangan terkecil, 


Selanjutnya secara acak 


Contoh peragaan dengan blok Dienes 


Setelah siswa memiliki sense (naluri) tentang bilangan cacah sebagai perwujudan banyaknya obyek dalam sebuah kumpulan dan mampu menyebutkan namabilangan serta menuliskannya maka siswa perlu difasilitasi untuk memahami konsep penjumlahan dan pengurangan serta mengenal pola bilangan sederhana.


 BAHAN AJAR PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS 1

KI   :   Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga

KD  : Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga

Semua manusia harus hidup rukun. Tahukah kamu apa maksud hidup rukun itu? Mengapa kita harus hidup rukun? Hal yang harus kamu tahu mengenai hidup rukun ini antara lain tahu kemajemukan dalam keluargamu, mampu untuk hidup rukun dan tahu manfaat hidup rukun.
Kemajemukan Keluarga
Kemajemukan sama artinya dengan keragaman. Di dalam keluarga pun ada kemajemukan, antara lain:
- perbedaan ciri fisik
- perbedaan hobi dan kebiasaan
- perbedaan suku bangsa
Kemajemukan dan perbedaan dapat pula ditemukan pada keluarga dan diri sendiri. Hargailah setiap perbedaan yang ada. Menghargai perbedaan sama dengan menghormati orang lain, bila kita menghormati orang lain maka orang lain pun akan menghormati kita. Ingatlah bahwa kemajemukan adalah anugerah Tuhan oleh karena itu harus disyukuri atas adanya kemajemukan dan perbedaan.


Hidup Rukun
Semua orang harus hidup rukun, hidup rukun artinya hidup damai dan tentram. Hidup rukun harus dibiasakan dan wajib dilaksanakan. Hidup rukun adalah kewajiban setiap manusia karena akibat keluarga tidak rukun semua anggota keluarga akan merasakan akibatnya. Supaya betah di rumah maka keluarga harus hidup rukun, keluarga tidak boleh bertengkar, bila ada masalah hendaknya dibicarakan, masalah harus diselesaikan supaya tidak jadi keributan dan masalah pun terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu biasakan untuk hidup rukun, awali hidup rukun di lingkungan keluargamu sendiri pada akhirnya kamupun akan merasakan manfaatnya.
di masyarakat

di keluarga

di sekolah
Manfaat Hidup Rukun
Hidup rukun itu penting, kita harus hidup rukun. Hidup rukun termasuk perbuatan terpuji ada banyak manfaat hidup rukun dalam keluarga.
Manfaat tersebut antara lain:
- hidup keluarga jadi tentram
- hubungan keluarga jadi erat
- keluarga dihormati orang lain
- keluarga jadi contoh teladan bagi orang lain
Hidup rukun dilaksanakan bukan dalam keluarga saja, dilakukan pula dengan tetangga. Dengan tetangga tidak boleh ribut dan berselisih, tetangga harus saling hormat dan bantu. Di sekolah pun kamu harus hidup rukun,  dengan teman tidak boleh saling ejek dan berkelahi. Bila ada teman yang bertengkar maka damaikanlah, bila ada teman yang susah kita harus bantu. Jika dengan teman rukun maka belajar pun jadi asyik. Kini kamu pun tahu apa manfaat hidup rukun, kamu pun harus mampu melaksanakan hidup rukun di rumah dan lingkungan sekitarmu. Ingatlah bahwa hidup rukun harus jadi kebiasaan, jika kamu bisa hidup rukun maka kamu akan merasakan manfaatnya.

BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS 1

KI  : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KD : Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah


Bahasa Indonesia memiliki peran yang sangat menentukan dalam perkembangan kehidupan bangsa Indonesia. Dalam masa perjuangan kemerdekaan, bahasa Indonesia berhasil membangkitkan diri menggalang semangat kebangsaan dan semangat perjuangan dalam mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan” sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Kenyataan sejarah itu berarti bahwa bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan telah berfungsi secara efektif sebagai alat komunikasi antarsuku, antardaerah, dan bahkan antarbudaya.
Sebagai akibat dari ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia yang memiliki peran yang sangat menentukan sebagai alat komunikasi dalam peri kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam hubungan ini, bahasa Indonesia tidak hanya digunakan sebagai bahasa resmi dalam penyelenggaraan kehidupan negara dan pemerintahan, tetapi juga sebagai bahasa pengantar pada jenis dan jenjang pendidikan, sebagai bahasa perhubungan nasional (terutama dalam kaitannya dengan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional), sebagai sarana pembinaan dan pengembangan kebudayaan nasional.
Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara masih harus terus dimantapkan dan dikaji ulang. Pada dasarnya peran atau fungsi bahasa Indonesia dari waktu ke waktu boleh dikatakan tidak mengalami perubahan. Artinya, rincian peran bahasa Indonesia, sekurang-kurangnya yang telah disinggung tadi, boleh dikatakan berlaku sepanjang masa selama bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
BAHAN AJAR PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS 1

KI    : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
KD : Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya

MATERI KELAS 1 IPA TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUBUH








BAGIAN-BAGIAN TUBUH :

tubuh terdiri atas beberapa bagian yaitu rambut dada perut tangan dan kaki bagian di antara kepala dan badandisebut leher. Berikut ini merupakan nyanyian yang dapat dilakukan ketika mengajar supaya lebih menarik.
1. Aku kenal wajahku
ada dua mata
ada dua alis
ada dua telingga
ada satu hidung
ada satu mulut

2. Aku kenal mulutku
ada bibir diatas
ada bibir dibawah
ada satu lidahku
ada banyak gigiku

3. Aku kenal tanganku
ada sepuluh jari tangan
lima jari tangan di kiri
lima jari tangan di kanan

4. Aku kenal kakiku
ada sepuluh jari kaki
lima jari di kaki kiri
lima jari di kaki kanan


B. CARA MERAWAT TUBUHKU
kita harus merawat tubuhtubuh menjadi bersih dan sehattubuh bersih jauh dari  kotoran tubuh bersih dari penyakittubuh yang jarang dibersihkan akan kotortubuh yang kotor dapat menyebabkan gatalsetelah bermain seharian tubuhmu berkeringat keringat membuat tubuh bau dan tidak nyamantubuh yang bau menyebabkan teman menjauh.

1. Cara merawat badan
mandi secara teratur
mandi dua kali sehari
mandi memakai sabun mandi dan air bersih
keringkan badan dengan handuk setelah mandi.

2. Cara merawat rambut
keramas rambut dengan sampo
sisirlah rambut dengan rapi
potong rambut dengan teratur

3. Cara merawat gigi
menggosok gigi dengan pasta gigi
 menggosok gigi setelah makan
 menggosok gigi sebelum tidur
 tidak makan permen terlalu banyak

4. Cara merawat mata
membaca di tempat yang terang
menonton televisi tidak terlalu dekat
banyak memakan wortel
membersihkan kotoran mata dengan air

5. Cara merawat hidung
menutup hidung  jika mencium bau busuk
membersihkan hidung ketika mandi

6. Cara merawat telingga
tidak mendengarkan suara terlalau keras
membersihkan telingga dengan kapas secara teratur
melindungi lubang telingga dari kemasukan air ketika mandi

7. Cara merawat kuku
memotong kuku dengan terat

ipa kelas 1 materi anggota tubuh
MENGENAL ANGGOTA TUBUH


Tubuh terdiri beberapa bagian, maka kita akan belajar :
1. nama - nama anggota tubuh
2. kegunaan anggota tubuh dan cara merawatnya
3. membiasakan hidup sehat.

NAMA - NAMA ANGGOTA TUBUH
1. Bagian kepala
2. Bagian Badan
3. Bagian Anggota Tubuh

KEGUNAAN ANGGOTA TUBUH CARA MERAWATNYA
1. Mata guna mata untuk melihat
Cara merawat mata
a. jika mata terasa pedih atau gatal, mata jangan digosok,periksakan ke dokter mata
b. jika membaca atau menonton tidak terlalu dekat jarak membaca 25 cm makan sayuran dan buah-buahan

2. Telinga berguna untuk mendengar
cara merawat telinga :
a. bersihkan bagian luar secara teratur,hindari membersihkan bagian,dalam dengan benda keras.
b. hindari mendengar suara yang terlalu keras

3. Hidung berguna untuk mencium bau-bauan
cara merawat hidung :
a. bersihkan bagian luar secara teratur hindari membersihkan bagian dalam dengan benda keras

MEMBIASAKAN HIDUP SEHAT
Agar kita sehat kita harus membiasakan :
1. Makan makan bergizi
2. Menggunakan pakaian bersih
3. Menjaga agar lingkungan bersih
4. Olah raga dengan teratu






Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MICROSOFT EXCEL